Minggu, 01 Februari 2015

Petir mengancam warga

ancaman petir

BNPB mengingatkan bahaya ancaman petir akkibat meningkatnya potensi hujan di Indonesia. 3 Orang tewas dan 5 lainnya luka akibat terkena sambaran petir.

Pihak BNPB dalam keterangan persnya, Minggu (1/2/2015) mengatakan seiring dengan meningkatnya hujan, maka awan-awan Cumulonimbus (Cu) melimpah ketersediaannya di atmosfer. Sel-sel awan ini dapat tumbuh besar yang dapat menghasilkan hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang. 

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pada Sabtu (31/1), kemarin, tercatat ada 3 orang tewas dan 5 orang luka-luka akibat disambar petir di Tasikmalaya, Bojonegoro, dan Sampang. 

"Di Indihiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 5 orang petani sedang berteduh di gubug sawah saat hujan deras disambar petir pada pukul 16.00 WIB. 2 orang (Dani Ahmad dan Yudit Herdiansyah) tewas seketika, sedangkan 3 orang (Wawan, Andi, Aceng) luka bakar serius," kata Sutopo.

Di Bojonegoro, sekitar pukul 12.00 WIB seorang petani bernama Mustakin tewas karena terkena petir setelah baru pulang dari sawah usai menggarap sawahnya. Sedangkan di Perairan Tanjung Bumi Bangkalan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang Jawa Timur, 2 orang menderita luka bakar akibat disambar petir pukul 07.00 WIB.

"BPBD bersama Polri dan aparat telah melakukan penanganan. Korban tewas telah dimakamkan dan korban sakit dirawat di puskesmas dan rumah sakit," ujarnya.

BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada. Sutopo menyatankan agar saat mendung atau mulai hujan hendaknya tidak berada di tempat terbuka seperti di sawah, lapangan, pantai, atau tempat-tempat terbuka yang tidak ada penangkal petir. "Apalagi membawa barang logam. Petir adalah gejala elektrostatik yang terjadi akibat perpindahan elektron muatan negatif yang berada di bagian bawah awan menarik muatan listrik positif di atas tanah," terangnya.

"Muatan listrik yang berbeda akan saling tarik menarik sedangkan yang sejenis akan tolak menolak. Itulah mengapa pada bangunan tinggi atau rumah dipasang penangkal petir untuk mencegah kerusakan akibat petir," tambahnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar