Kamis, 12 Februari 2015

gunung pancar



Bagi anda yang masih ingin menghabiskan liburan setelah pulang mudik yang melelahkan, berendam air panas di Bogor dapat menjadi salah satu pilihan yang menyegarkan.

Bogor yang tidak jauh dari Jakarta, memiliki beberapa kolam air panas yang relatif mudah dijangkau. Dikumpulkan detikTravel, Rabu, (14/8/2013), inilah beberapa pemandian air panas yang bisa menjadi rekomendasi di Bogor:

1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar terletak di Daerah Babakan Madang, dapat ditempuh dari Sirkuit Sentul dengan estimasi waktu 45 menit. Memasuki kawasan hutan lindung Gunung Pancar, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus nan alami.

Untuk tiket masuk komplek Taman Wisata, turis domestik dikenakan biaya Rp 2.000 per orang, untuk turis asing dikenai biaya Rp 5.000 biaya masuk Rp 2.000 untuk mobil, Rp 1.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk sepeda gunung.

Sedangkan untuk masuk ke area air panas, Anda perlu membayar Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Plus biaya untuk mobil Rp 4.000 dan Rp 2.000 untuk motor. Terdapat 3 jenis pemandian, yaitu kolam umum, kolam keluarga, dan kolam 3 rasa. Pemandian umum terbagi menjadi kolam khusus pria dan wanita. Bagi yang ingin kesegaran lebih, dapat menikmati kolam 3 rasa yang lebih panas.

Apabila Anda menyukai eksklusivitas, terdapat 3 bilik kolam VIP. Tapi kita perlu merogoh kocek lebih, Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Anda akan disuguhkan dengan suasana privat yang lebih tenang daripada di kolam umum.
Kabarnya, air panas Gunung Pancar memiliki khasiat lebih untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagi Anda yang ingin melakukan terapi maupun sekedar bersantai, air panas disini mengandung mineral aktif yang baik untuk kesehatan. Pemandian ini buka selama 24 jam.

2. Tirta Sanita Hot Spring Ciseeng

Tirta Sanita Hot Spring & Outbound berlokasi di Desa Ciseeng, Parung. Tempat ini juga terkenal dengan nama Gunung Kapur Ciseeng. Kelebihannnya, terdapat tempat outbound, wahana permainan anak, water park mini, tempat makan, dan penginapan.

Dari situs resminya, untuk biaya masuk cukup membayar Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak. Pada hari libur, tarif menjadi Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Pemandian air panas Tirta Sanita terbagi lagi menjadi kamar air panas dan kolam rendam. Kolam rendam terletak di area terbuka. Untuk suasana yang berbeda Anda perlu membayar Rp 5.000.

Terdapat juga kamar mandi air panas dengan tarif Rp 10.000 per 15-20 menit. Serta Water Park mini yang airnya tidak panas dengan tarif Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk menikmati permainan hingga outbound, harga bervariasi dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

Air panas di Tirta Sanita berasal dari bukit kapur yang berada di tengah area wisata. Air panas tersebut mengandung garam, belerang, dan kapur. Khasiatnya dipercaya untuk kesehatan, dari menyembuhkan masalah kulit, pegal, rematik, dan lain-lain. Pemandian ini buka dari pukul 07.00-20.00 WIB.

Info tambahan, ada juga pemandian air panas Gunung Hitam di belakang parkiran resmi Tirta Sanita. Fasilitas pemandian ini masih sangat alami dan terlihat seadanya namun dengan pemandangan lebih indah. Saat ini pemandian tersebut masih dikelola oleh penduduk setempat dengan tarif Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Jadi mana yang Anda pilih?

3. Wisata Air Panas Ciparay

Salah satu pemandian air panas yang masih alami. Berlokasi di Desa Ciparay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah. Sekitar 5 km dari gerbang utama Gunung Bunder. Dari pintu masuk, wisatawan perlu berjalan kaki menuruni sekitar 400 anak tangga.

Tidak usah khawatir akan jalan menurun yang melelahkan, di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami. Nikmati saja perjalanan sembari menuruni anak tangga, dijamin tidak terasa. Air Panas Ciparay berada di sebelah kiri Sungai Cikuluwung.

Di kolam air panas Ciparay terdapat beberapa pancuran. Kepulan asap terlihat dari kolam pancuran. Bagi yang lelah, dapat merasakan pijatan air hangat pemandian. Kenikmatan berendam semakin nikmat sembari mendengar deru aliran Sungai Cikuluwung.

Anda dapat menikmati itu semua dengan mengeluarkan uang Rp 4.000 saja. Bila itu semua masih belum cukup, terdapat sejumlah warung penjual mie rebus yang menyajikan makanan dan minuman. Apa yang lebih nikmat dari menikmati sepiring mie rebus dengan teh panas setelah berendam di pemandian air panas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar