Kamis, 23 April 2015

Masalah SDA Struktur Penguasaan SDA

MASALAH SUMBER DAYA ALAM STRUKTUR PENGUASAAN SUMBER DAYA ALAM


            Sumber daya alam adalah segala sesuatuyang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang tergolong didalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Barang kebutuhan ini baru menjadi sumber daya setelah manusia menggunakan pengetahuan dan teknologi untuk mencarinya, memproses, dan mengubah menjadi bentuk yang dimanfaatkan.
            Sumber daya manusia adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan peranya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban, dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitas sumber daya alam sehingga persediaanya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, sedangkan antara SDA dan SDM mempunyai kaitan erat sekali, dimana sumber daya alam terdiri dari berbagai jenis yang salah satunya yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui, meskipun ketersediaan SDA ini sangat banyak atau sangat melimpah tetapi apabila manusia atau SDM tidak mengetahui bagaimana cara mengelola SDA tersebut supaya dapat dimanfaatkan dan untuk memenuhi kelangsungan hidupnya maka sumber daya alam itu percuma adanya begitu juga dengan sumberdaya manusia apabila sumber daya alam itu tidak ada otomatis manusia tidak bisa melangsungkan hidupnya karena salahsatu faktor yang dapat memenuhi kebutuhan hidunya yaitu sumber daya alam.
            Jadi sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkunga untuk keperluan manusia sedangkan sumber daya manusia adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung dialam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Salah satu jenis jenis sumber daya alam seperti yang telah kita  singgung sebelumnya adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang dapat diadakan kemabali oleh manusia atau secara alami seperti tanah, air, tumbuhan, dan hewan. Meskipun sumber daya alam dapat diadakan kembali tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa sumber daya alam ini juga membutuhkan pelestarian dalam pengeolaan dan pemanfaatnya agar generasi penerus dapat menikmati keberadaan sumber daya alam ini, berangkat dari hal demikian ternyata sumber daya alam ini tidak hanya dimiliki oleh perorangan tetapi juga dapat dimiliki oleh umum. Dengan adanya sumber daya alam milik umum, seluruh masyarakat atau penduduk dapat menikmatinya sehingga terjadinya pengelolaan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat sehingga mngakibatkan terjadinya pencemaran atas pengelolaan sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupak sumber daya alam yang apa diadakan kembali oleh manusia atau secara alami selama penggunaanya tidak dieksploitasi secara berlebihan. Maksudnya dibiarka alam saja yang memperbaiki dirinya atau dilakukan oleh manusia sebagai sebagai pelaku pembangunan sekaligus sebagai penentu keberlangsungan dari pemanfaatan sumber daya alam itu sendiri, dan dumber daya alam ini juga dapat berasal baik dari sumber daya alam nabati maupun sumber daya alam hewani. 


REFERENSI:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar