Kamis, 29 Januari 2015

Listeria mengancam

Bahaya Buah Apel


Pemerintah AS mengeluarkan peringatan terkait pencemaran bakteri pada apel yang diproduksi di negaranya. Bakteri berbahaya itu bernama Listeria monocytogenes. Hingga 10 Januari dilaporkan sedikitnya ada sekitar 3 kasus kematian terkait pencemaran tersebut.

The Centers for Dieasis Control and Prevention (CDC) melaporkan total ada 32 orang di 11 negara bagian AS terinfeksi bakteri. Dilaporkan pula, 31 orang dirawat di rumah sakir dan 7 meninggal. Tiga Kasus kematian dipastikan terkait bakteri Listeria monocytogenes.

Terkait kasus pencemaran itu pula, sebuah perusahaan asal California, Bidart Bros menarik produk-produknya yakni apel Granny Smith dan Gala. Produk-produk tersebut cukup populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Listeriosis merupaka infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Umumnya ditularkan lewat makanan yang terkontaminasi. Infeksi ini perupakan penyebab kematian nomor 3 terbanyak pada kasus keracunan makanan.

Lansia dan Ibu hamil termasuk kelompok paling rentan tehadap infeksi bakteri ini. kelompok lain yang juga perlu waspada adalah bayi baru lahir, serta orag dewasa dengan gangguan daya tahan tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar