Kamis, 29 Januari 2015

Budi Gunawan. Dia Siapa?

Budi Gunawan
Siapa itu Budi Gunawan? Beliau orang yang sering disebut-sebut belakangan ini sejak dicalonkan Presiden Jokowi sebagai Kapolri.
Presiden Jokowi telah memilih nama sebagai calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan. Surat penunjukan Budi ini telah diserahkan ke DPR.
Surat Jokowi itu menuai pro-kontra, terutama dikalangan aktivis antikorupsi. Budi ditentang jadi kapolri karena dituding menjadi salah satu jendral yang memiliki rekening gemuk. Hal itu sudah dibantah kapolri saat itu, Jendral Bambang Hendarso Danuri.
Ada juga yang mengatakan bahwa pencalonan Budi sebagai kapolri karena kedekatan dengan ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri. PDIP tidak menampik, namun politikus senior PDIP Pramono Anung menegaskan bahwa Budi adalah salah satu anggota kapolri terbaik, maka layak menjadi Tri Brata 1.
Pernyataan Pramono tak ada salahnya. Budi Gunawan aalah lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1983 dan meraih penghargaan Adhi  Makayasa. Dia juga menoreh catatan terbaik disetiap pendidikan seperti saat sekolah di PTIK, Sespim, Sespati, dan Lemhanas.
Budi lahir di surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959. Sejak Desember 2012 dia dipercaya menjadi Kepala Lembaga Pendidikan Polri, menggantikan Komjen Pol  Oegroseno.
Karier pria ini terbilang mulus. Pada tahun 2001-2004 berpangkat Komisaris Besar, dia menjadi ajudan presiden Megawati. Lepas itu, pada tahun 2004-2006 dia naik pangkat bintang satu dan menjabat Kepala Biro Pembinaan Karyawan. Lalu ia dipromosikan menjadi Kapolda Jambi periode 2008-2009.

Tak lama kemudian dipundaknya sudah ada du bintang.                Budi naik pangkat menjadi inspektur Jendral  pada 2009-2010. Pada 2010-2012 dia dimutasi menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan. Pada 2012 Polri mempercayaka jabatan Kapolda Bali kepada Budi Gunawan. Tak lama kemudian ia ditunjuk sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar