Selasa, 30 Desember 2014

Al-Quran dan As-sunnah

Al-quran dan As-sunnah

                Al-quran
Pengertian Al-quran secara bahasa berarti sesuatu yang harus dibaca atau dipelajari. Secara istilah Al-quran berarti firman Allah yang diturunkan melalui malaikat  Jibril, ke dalam hati Nabi Muhammad saw dengan menggunakan bahasa Arab, disertai dengankebenaran dan dijadikan argumentasi dalam hal pengakuannya sebagai Rasul, agar dijadikan undang-undang bagi manusia, serta dijadikan petunjuk disamping merupakan ibadah bagi pembacanya.
Al-quran diturunkan oleh Allah sedikit demi sedikit selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, mula-nula di kota Mekkah kemudian ke Madinah. Tujuannya untuk menjadi pedoman atau petunjuk bagi umat manusia dalam hidup dan kehidupannya mencapai kesejahteraan didunia dan kebahagiaan di akhirat.
Al-quran menjadi sumber norma umat Islam itu terbagi ke dalam 30 juz, 114 surah, 6666 ayat, 74499 kata, dan 325345 huruf(suku kata). Al-quran tidak disusun secara kronologis. Lima ayat pertam diturunkan di Gua Hira pada malam 17 Ramadhan tepatnya dimalam nuzul Qur’an ketika Nabi Muhammad berusia 40-41 tahun. Dan ayat terakhir diturunkan di padang Arafah ketika Nabi berusia 63 tahun pada tanggal 9 zulhijah tahun ke 10-hijriah.
Ayat-ayat yang diturunkan ketika Nabi Muhammad masih tinggal di Mekkah disebut ayat-ayat Makkiyah, terdiri dari 86 surat, 4780 ayat. Sedangkan ayat-ayat yang turun setelah Nabi pindah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyah.
Perbedaan antara mekah dan madinah adalah
1.       Ayat makiyah umumnya pendek-pendek, terdiri dari 86 surat dan 4780 ayat. Ayat madaniyah pada umumnya panjang-panjang, terdiri dari 28 surat dan 1456 ayat.
2.       Ayat-ayat makiyah dimulai dengan ‘ya ayyuhannas’, dan ayat-ayat madaniyah dimulai dengan ‘ya ayyuhallazina amanu’.
3.       Ayat-ayat makiyah umumnya mengenai tauhid, dan ayat-ayat madaniyah umumnya mengenai hukum, keadilan, masyarakat, dll.
4.       Ayat-ayat makiyah diturunkan selama 12 tahun 13 hari, dan ayat-ayat madaniyah diturunkan selam 10 tahun 2 bulan 9 hari.
Isi kitab susunan manusia adalah hasil penalaran insan, tujuannya untuk menjelaskan suatu masalah kepada manusia disuatu tempat pada suatu masa, sedangkan Al-quran yang disusun oleh Allah berisi wahyu atau petunjuk-Nya untuk pedoman hidup dan kehidupan manusia dimana saja sepanjang masa.
Garis-garis besar isi kandungan Al-quran antara lain sebagai berikut:
a.       Akidah (tauhid): ajaran mengesakan Allah dan semua keyakinan yang berhubungan dengan Allah swt.
b.      Syari’ah (ibadah atau muamalah): mengajarkan perintah beribadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia sebagai menifestasi ketauhidan.
c.       Akhlak dan semua ruang lingkupnya.
d.      Kisah-kisah semua umat manusia dimasa lalu.
e.      Berita-berita tentang kehidupan akhirat.
f.        Hukum-hukum dasar yang berlaku bagi alam semesta termasuk manusia.
As-sunnah
Sesungguhnya islam tidak akan lengakap tanpa as-Sunnah. Kami telah mengungkapkan begitu banyak dalil tentang kehujjahan as-Sunnah dalam tulisan tentang “ketaatan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam tidak bisa dipisahkan dari ketaatan kepada Allah”. Sebelumnya, kita pun membahas tentang, apa saja fungsi dari hadits atau as-Sunnah menurut Ibnu Qoyyim.
a.       Penguat hukum yang sudah ada di dalam Al-quran.
b.      Penafsir dan pemerinci hal-hal yang disebut mujmal (gobal) dalam Al-quran.
c.       Menetapkan dan membentuk hukum yang tidak terdapat dalam Al-quran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar