Sabtu, 25 Oktober 2014

Nasi Kapau

                                                   Nasi Kapau

Ranah Minangkabau, Sumatera Barat terkenal dengan kelezatan masakannya. Masakan tersebut lebih populer disebut dengan masakan padang. Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki ciri khas tersendiri dalam meracik masakannya sehingga kadang rasanya sedikit berbeda. Walaupun sama-sama masakan minang, namun orang padang, orang bukittinggi dan orang payakumbuh memiliki cara tersendiri dalam memasak masakan minang.
Salah satunya adalah Nasi Kapau. Nasi Kapau adalah nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatera Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, dan juga beragam gulai. Nasi kapau adalah corak masakan padang yang memiliki karakteristik tersendiri. Jika dilihat sepintas lalu mungkin tidak ada bedanya dengan masakan padang lainnya. Kita tidak akan bisa menyebutkan perbedaannya jika kita belum pernah mencicipi nasi kapau.
Nasi kapau banyak dijumpai di kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang juga kota kelahiran saya. Nasi kapau dijual di Kompleks Wisata kawasan Pasar Atas Kota Bukittinggi. Disana banyak berjejer warung nasi kapau. Saat membeli nasi kapau ada yang keliatan berbeda dengan nasi padang lainnya. Terlihat pada penataan lauk-lauk dan cara pengambilannya. Lauk pauk nasi kapau disajikan dalam panci besar yang disusun-susun. Lauk pauk disusun dengan konsep berbaris dan bertangga seperti ‘terasering’. Panci-panci jauh dari jangkauan tangan sehingga menggunakan sendok bertangkai panjang yang terbuat dari tempurung kelapa. Untuk memesan nasi kapau kita hanya perlu menyebutkan lauk pauk yag kita mau maka sendok panjang pun akan mendaratkan lauk pauk dan sayur ke atas piring.
Menu yang disajikan sangat beragam seperti gulai ikan, gulai tunjang, ayanm panggang, etri balado, dendeng balado, goreng belut, itiak lado ijau, rendang ayam, rendang daging, dan lain sebagainya. Nasi kapau selalu dilengkapi dengan gulai nangka. Jangan lupa masalah harga. Harga nasi kapau jauh lebih mahal. Secara keseluruhan harga nasi kapau berkisar mulai Rp 20 ribuan hingga Rp 50 ribuan.
Masakan nasi kapau adalah masakan khas Sumatera Barat yang sangat sulit ditemukan didaerah lain. Bumbu-bumbu racikan dan cara pengolahan yang masih tradisional membuat masakan tersebut sulit untuk ditiru seperti masakan padang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar